Home > Uncategorized > Keseimbangan

Keseimbangan

Pagi hari itu, baru seminggu ku injak tanah airku, dan ini merupakan hari ke dua di perantauan di pulau jawa. Ini adalah kali kedua saya berteduh di kota hujan,Bandung, kali pertama saya hampir tak bisa mengingat apa apa kecuali memastikan saya pernah bersinggah disana. Kali kedua bersinggah berbeda tujuannya dari pertama kali, sekadar menghadiri undangan rekan kerja orang tua sekalian menemani orang tua.

Awalnya kukira akan menyenangkan, terbayang saya dapat berjumpa beberapa orang penting dalam perusahaan yang bergerak di bahan bahan kimia, mempelajari beberapa point point penting dalam marketing ataupun sales. Melihat dan menilai sosok pucuk pimpinan ataupun mengamati gerak gerik bos bos besar yang bergelut di area yang sama dengan orang tua saya yakitu pedangang.

Perusahan ini cukup unik, manufacture dan sales dijadikan dua instansi yang berbeda, pihak marketing di kawinkan dengan manufacture. Ide ini bahkan baru pertama kali terlintas,bahkan kalaupun tak menghadiri acara ini kapan lagi paradigma baru ini terbuka. Distributor bertaraf nasional ditunjuk sebagai outlet resmi dari perusahaan atau lebih tepatnya pabrik ini.

Bercabang di beberapa kota besar meliputi kota saya, pergerakan produk asli buatan lokal ini cukup pesat, yah begitu ucapan pimpinan marketing nya ketika menyapa. Harusnya rombongan dari kota saya dipandu oleh kepala cabang distributor ini, tapi batang hidungnya nampak setelah diperkenalkan master of ceremony. Ah,mungkin hanya saya yang tak peka pikirku singkat, kulupakan hal kecil ini kuikuti hingar bingar ini, ternyata tak lebih dari ajang promosi product saja, ini tidak sesuai harapan.

Yah kadang di beberapa potongan jeruk ada  yang manis ada pula yang asam, bagiku acara makan malam sembari meluncurkan produk tidaklah teramat menarik, kukira banyak hal yang bisa kulihat. Ada hal yang cukup menyentak dan membuat saya berfikir sejenak setelah kurang lebih setengah tahun tidak memaksimalkan kinerja otak.

Obrolan ringan dengan rekan kerja orang tua terjadi ketika santap pagi, umurnya enam puluhan, lebih tua dari kedua orang tua ku, rambutnya pun terlihat memunah terkena seleksi alam,awalnya kukira dia tak lebih dari pemikir pemikir tua yang selalu membentengi diri akan perubahan dan perspektive baru dalam hidup. Ternyata hal yang sebaliknya pun yang terjadi, kritis dalam arti berbeda di usianya yang memasuki kesenjaan.

Yah memang saya lebih suka berbicara kritis dan terbuka dengan lawan bicara yang lebih berpengalaman, yah sekadar memenuhi hasrat keingintahuan yang melimpah saja. Kala itu dia berbicara tentang keseimbangan, ungkapnya dia mencoba menanyakan kepada saya arti kata itu. Terlalu sering berkutat di pertekhnikan membuat hukum newton lah yang pertama kali melintas di pikiran saya.

Dia mengungkapkan bahwa dia menanyakan ke salah satu anak dari rekan bisnisnya yang telah menjalani study lanjutan di salah satu universitas swasta terkemuka. Dia menyayangkan bahwa anak itu tidak hanya memberi jawaban yang memuaskan tetapi juga dibalas pertanyaan untuk meminta penjelasan lebih lanjut terhadap pertanyaan awal.

Dia akhirnya memilih untuk memberikan contoh tentang suatu keseimbangan, katanya “kalau anda berteman dengan anak dari bos, dan anda juga anak dari bos, ketika berteman anda membayari teman anda jauh lebih banyak dari teman anda, ini dinamakan ketidakseimbangan”

Saya hanya mengangguk, rumusan jawaban awal di benak saya kurang cukup memaparkan jawaban pertanyaan sederhana ini ternyata. Selain keseimbangan akibat gaya gaya linear dalam cartecius koordinat, newton juga menjelaskan bahwa keseimbangan harus dipadukan dengan unsur perputaran atau rotasi. Suatu hal yang setahap lebih complex sebenarnya, bahkan kalaupun dikaji lebih lanjut unsur waktu pun harus diikutsertakan, keseimbangan dalam periode yang sangat singkat itupun sia sia.

-ditambah dan dikurangi sesuai selera pengarang-

Categories: Uncategorized
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

